JAM'IYYAH NURUSSA'ADAH SEKARANG TELAH BERADA BERKAH ALLAH TA'ALA BERSEMAYAM DALAM DADA, JAM'IYYAH NURUSSA'ADAH DISINI KAMI BERMUNAJAH BERKAH NUR ROSULALLAH TERPANCAR DALAM WAJAH, JAM'IYYAH NURUSSA'ADAH TERDIRI PARA REMAJA PEMUDA MENGHARAP RIDHO ALLAH TA'ALA ATAS DOSA-DOSA YANG ADA, YA ALLAH YANG MAHA AGUNG DISINI KAMI BERSIMPU SAMPAI USIAKU TAK MAMPU KARENA ALLAH TA'ALA YANG MAHA SATU

Al-Imam Qutb Habib Abdurrahman Assegaf

هومن أكبر الاكابر المشائخ العارفين
وصدور الأجلاءالمقدمين وخلاصة الأصفياء المحبوبين
صاحب الأحوال الفائقة والمقامات الرائقة والكرامات الخارقة والأنفاس الصادقةوالهمم العالية والبركات التامية والفتح العلي والكشف الجلى والمحاسن الجميلة والمواهب الجليلة والقدم الراسخ في التمكين المحمود والباع الطويل النافذ فى الوجود واليد البيضاء فى السيف إلى اعلى معارج الوصل والمشرب الأهنى من كؤس مدام الوصل مطلعالشموس الأقمار ومنبعا لعيون الأسرار وسارت بذكرفضائله الركبان فى الأفاق وانعقد على إجلاله الإجماع والإتفاق عمرالله القلوب والوجود ببركاته واتاحت ركائب االطالبين لنيل هباته وسلبت قلوب العارفين ببديع صفاته فهو قطب الوجود حقاومرشد اهل الطريقين إلى الحق صدقا فطيب نشره فى الوجود فائح وغير ذلك مما يقصر عنه مدح كل مادح


I. TEMPAT DAN TANGGAL LAHIR SAYYIDINA
AS-SYĔKH ABDURRAHMAN AS-SEGAFF RA.
Beliau masyhur dengan sebutan As-Segaff. Beliau merupakan salah satu pemuka sadah Ba`alawi Qutb Al-Aulia yang lahir pada tahun 739 H di Tarim, Hadhramaut.

II. GURU-GURU SAYYIDINA
AS-SYĔKH ABDURRAHMAN AS-SEGAFF RA.
As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff banyak mempelajari kitab Syari’ah dan hakekat, sehingga diriwayatkan bahwa beliau telah menguasai sekaligus hafal di luar kepala, lebih kurang 50 jilid buku dalam ilmu Syariah, itu pun belum termasuk tasawuf, tauhid dan prinsip ilmu yang lain.
As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff Ra selama masa belajarnya telah dibina oleh tokoh-tokoh terkemuka di zamannya, beberapa di antara guru-guru beliau adalah :
1. Al-‘Alim Al-Allamah Muhammad bin Alwi bin Ahmad bin Sayyidina Al-Faqih Al-Muqaddam Ra.
Melalui guru beliau ini, As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff mempelajari kitab karya Al-Imamain Al-Azimain Bil Maqomil ‘Ali Muhammad Al-Ghazali dan Imam Mazhab Bil It-Tifaq As-Syĕkh Abu Ishak, serta kitab Al-Wajiz dan Al-Muhazib serta kitab karya Al-Imam As-Syayrodzy.
2. As-Syĕkh Ali bin Salim.
3. As-Syĕkh Al-Arib Al-Mualim Ahmad bin Muhammad Al-Khatib. Semasa kecil beliau mempelajari dan menghafal Al-Qur`an Al-Karim kepada guru beliau ini.
4. Al-Imam Ali bin Sa`id Basulaib.
5. Al-Imam Abu Bakar bin Isa Bayazid, yang tinggal di Wadi Amad.
6. As-Syĕkh Al-Imam Umar bin Sa`id Bajabir.
7. Al-Arif Billah Ta`ala Mazahim bin Ahmad Bajabir Shohib Barum.
8. Al-Imam Al-Wali Abdullah bin Thohir Ad-Du`ani.
9. Al-Imam Al-Faqih Muhammad bin Sa`ad Basyakil Shohib Al-Fiil. Melalui guru beliau ini, As-Syĕkh Abdurrahman mempelajari kitab Al-Ihya, Ar-Risalah dan Al-Ma`arif serta Al-Awarif.
10. Al-Imam As-Syĕkh Al-Islam Muhammad bin Abu Bakar Ba Ibad.
11. As-Syĕkh Al-Qodhi Muhammad bin Sa`id Kabn.
Beliau tinggal di kota ‘Adn. Sayyidina As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff mendalami ilmu Nahwu dan Shorof juga ilmu bahasa yang lain seperti Mantiq dan lain-lain kepada guru beliau ini.

III. MURID-MURID SAYYIDINA
AS-SYĔKH ABDURRAHMAN AS-SEGAFF RA
Banyak di antara murid-murid beliau di kemudian hari menjadi ulama yang termasyhur, termasuk di dalamnya adalah anak-anak dan keponakan beliau serta anak dari guru beliau sendiri. Beberapa di antaranya adalah:
1. Al-Imam Al-Qutb Al-Ghauts As-Syĕkh Al-Kabir AbuBakar bin As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff Al-Masyhur bis “Sakran” dan saudaranya.
2. Al-Imam Al-Qutb Al-Ghauts As-Syĕkh Al-Kabir Umar bin As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff Al-Masyhur bil “Mahdhor”.
3. Al-Arif Billah Abu Bakar bin Alwi As-Syaibaih, dan saudaranya.
4. Al-Imam Asy-Syahir Muhammad bin Alwi.
5. Al-Arif Billah Muhammad bin Hasan Asy-Syahir Bi Jamalullail.
6. Al-Imam Al-Kabir Muhammad Shohib Aidid bin Ali.
7. Al-Arif Billah Ahmad bin Umar Shohib Al-Mushof .
8. An-Nur Al-Muta`ajjat Al-Imam Sa`ad bin Ali Madhaq.
9. As-Syĕkh Muhammad bin Abdurrahman bin As-Syĕkh Muhammad bin Abdurrahman bin Al-Imam As-Syeikh Ali bin Muhammad bin Ali bin Muhammad Shohibul Wa’al Al-Khotib Al-Anshory, dan anak beliau, penulis kitab “Al-Jauhar As-Syafaf” yaitu :
10. As-Syĕkh Abdurrahman bin Muhammad Al-Khotib.
11. As-Syĕkh Abdurrahim bin Ali Al-Khotib.
12. Syĕkh Ali bin Muhammad Al-Khotib.
13. Syĕkh Syu`aib bin Abdullah Al-Khotib.
14. As-Syĕkh Ahmad bin Abu Bakar Baharmy.
15. As-Syĕkh Abdullah bin Al-Faqih Ibrahim Baharmy.
16. As-Syĕkh Abdullah bin Ahmad Al-‘Amudi.
17. As-Syĕkh Ali bin Ahmad bin Ali bin Muslim.
18. As-Syĕkh Abdullah bin Muhammad Basyarahil Al-Mualim.
19. Al-Faqih Muhammad bin Muafi.
20. Al-Wali At-Taqy Abdullah bin Nafi Bamundzir.
21. Al-Wali Isa bin Umar bin Bahlul.
22. Al-Imam Ahmad bin Ali Al-Habbani.
23. Al-Faqih Sa`ad bin Abdullah Ba Untar.
24. As-Syĕkh Muhammad bin Sa`id Al-Maghribi.
25. As-Sholeh Muhammad bin Ahmad Al-Umari.
Selain itu masih banyak lagi murid-murid Sayyidina As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff Ra yang telah menjadi ulama, fuqaha dan wali terkemuka yang telah memberikan manfaat bagi umat di zamannya, mereka adalah mata air yang terbit dari sumber mata air utama yaitu Sayyidina As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff Ra.

IV. ANAK-ANAK SAYYIDINA
AS-SYĔKH ABDURRAHMAN AS-SEGAFF.
Beliau mempunyai delapan orang anak laki-laki dan enam orang anak perempuan, yang merupakan anak-anak yang soleh dan solehah. Setiap anak laki-laki beliau membaca tahlil sebanyak 70.000 kali dan anak perempuan beliau membaca tahlil sebanyak 35.000 kali, yang pahalanya dihadiahkan kepada Imam As-Segaff. Beliau selalu menginfaqkan harta beliau bagi anak-anaknya untuk mereka gunakan di jalan Allah SWT. Sayyidina Al-Imam As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff mendirikan 10 buah masjid dan anak-anak beliau mendirikan 3 masjid. Selain itu beliau juga memberikan wakaf bagi setiap masjid. Sayyidina As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff Ra juga mempunyai banyak kebun kurma di Tarim dan di kota Al-Masfalah dan beliau mem-bacakan surat Yasin bagi setiap pohon kurmanya.
Anak beliau yang perempuan adalah :
1. As-sayyidah Asy-Syarifah Maryam. Saudari sekandung dari As-Syĕkh Abu Bakar As-Sakran, ibu dari Abu Bakar Al-Jufri bin Muhammad bin Ali bin Muhammad bin Ahmad bin Sayyidina Al-Faqih Al-Muqaddam.
2. As-sayyidah Asy-Syarifah Fatimah. Saudari sekandung dari Syeikh, ibu dari Muhammad bin Ahmad bin Hasan Al-Wara`.
3. As-Sayyidah Asy-Syarifah Bahiyah. Saudari kandung dari Hasan bin Abdurrahman As-Segaff.
4. As-sayyidah Asy-Syarifah Asma`. Saudari kandung dari Husein bin Abdurrahman As-Segaff.
5. As-sayyidah Asy-Syarifah Aisyah. Ibu dari Abdurrahman Kheilah bin Abdullah bin Alwi Maula Ad-Dawiylayh, ibunda beliau (isteri As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff) berasal dari Bani Haritsah.
6. As-sayyidah Asy-Syarifah Alwiyah As-Saumul Kubro. Ibu dari Maryam binti Umar Syanah, saudara dari Abu Bakar Al-Jufri. Ibunda beliau (isteri As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff) berasal dari ‘Inat.
7. As-sayyidah Asy-Syarifah Alwiyah Al-Qarah As-Sughro. As-Syarifah ‘Alwiyah adalah isteri Muhammad Ar-Rakhilaih bin Umar bin Ali Ba’Umar. Ibunda beliau (isteri As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff) dari Ãl Hamiysi’ As-Syanhajy.
Adapun anak-anak beliau yang laki-laki adalah :
1. Ay-Syĕkh Ahmad. Wafat di Tarim tahun 829 H.
2. As-Syĕkh Muhammad. Wafat di Tarim tahun 820 H.
3. As-Syĕkh Abu Bakar As-Sakran. Wafat di Tarim tahun 821 H.
4. As-Syĕkh Umar Al-Mahdhor. Wafat di Tarim tahun 833 H.
5. As-Sayyid Ali. Wafat tahun 840 H.
Ibunda beliau adalah seorang wanita sholeh dari kabilah arab Al-Basyiban yang berasal dari Seiwun.
6. As-Sayyid Alwi. Wafat di Tarim pada tahun 826 H.
7. As-Sayyid Abdullah. Wafat di Tarim tahun 857 H.
8. As-Syĕkh Syeikh. Wafat di Tarim tahun 837 H.
Ibunda mereka (Alwi, Abdullah dan Syeikh) ini bernama Fatimah Aisyah bin Yahya Qatiyn.
9. As-Sayyid Aqil. Wafat di Tarim tahun 871 H.
10. As-Sayyid Ja`far. Wafat tahun 829 H.
11. As-Sayyid Ad-Dza iq Hasan. Wafat tahun 830 H.
Ibunda mereka bernama Maryam binti Salim Al-Hudailiyah. Berasal dari daerah Asy-Syanahizah.
12. As-Sayyid Ibrahim. Wafat di Tarim tahun 875 H.
Ibunda beliau bernama Uwaisyah binti Ali Balhaj.
13. As-Sayyid Husein. Wafat di Tarim tahun 892 H.
Ibunda beliau bernama Asma` Fulana binti Ba Ubayd

V. KEAGUNGAN DAN KEMULIAAN SAYYIDINA
AS-SYĔKH ABDURRAHMAN AS-SEGAFF RA.

Maqam beliau
Sayyidina As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff Ra adalah seorang wali yang bermaqam Qutb Al-Ghauts, satu derajat kewalian tertinggi. Beberapa riwayat yang berkaitan dengan masalah maqam ini akan kami kemukakan sebagian.
As-Syĕkh Al-Jalil Al-‘Arif Muhammad bin Hasan Al-Mu’allim Ra berkata :
“Telah datang kepadaku suatu sosok ghaib yang berkata, ’As-Syĕkh Abdurrahman adalah seorang Wali Qutb’.
Aku pun lalu berta’awwuz karena aku khawatir hal ini berasal dari syaithan, kemudian aku terdiam sesaat, setelah itu ia mendatangi diriku lagi dan berkata seperti tadi, lalu aku membaca ta’awwuz lagi, dan pada waktu ketiga kalinya ia mendatangi diriku kembali, ia berkata; ”Apakah engkau tidak mau membenarkan perkataanku bahwa As-Syĕkh Abdurrahman adalah seorang Qutb?”
Riwayat yang lain berasal dari anak beliau sendiri yaitu; As-Syĕkh Al-Wali Badruddin Hasan bin As-Syĕkh Abdurrahman R.Anhuma, beliau berkata :
“Sekali waktu aku duduk berdua bersama ayahku di Masjid beliau pada tahun 814 H, beliau berbicara panjang lebar kepadaku dan di tengah perbincangannya, ayahandaku berkata kepadaku beliau telah memakai Qamiys Qutb selama dua puluh dua tahun dan selama itu beliau tidak pernah makan kecuali minum air dingin.”

















Masjid As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff Ra
Yang didirikan oleh beliau pada th 768 H.
Banyak diambil dari kesaksian para Wali bahwa Sayyidina Al-Imam As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff telah mencapai martabat Quthbiyyah. Dan telah menjadi ijma` sari seluruh wali, bahwasanya seluruh wali di masa itu berada di bawah panji beliau tanpa terkecuali.
Salah seorang saudara Sayyidina As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff Ra bercerita :
“Sungguh telah terjadi perselisihan antara diriku dan saudaraku, Abdurrahman As-Segaff. Sebenarnya perselisihan ini awalnya bermula hanya pada masalah harga dagangan kurma, hingga kemudian menimbulkan pemikiran pada diriku mengapa saudaraku itu bisa lebih tinggi derajatnya dari pada diriku? Aku berpuasa seperti dia berpuasa. Sholatnya pun sama dengan sholatku dan ayahanda kami juga satu. Selain itu tamuku juga lebih banyak dari tamunya. Akhirnya pada satu malam aku bermimpi, aku melihat suatu sosok yang bercahaya dan berkata kepadaku: “Apakah engkau berpikir derajatmu sama dengan saudaramu Abdurrahman?” aku pun menjawab, “Benar” kemudian cahaya tersebut berkata kepadaku, “Jalanlah bersamaku.”
‘Maka ia membawaku kepada saudaraku Abdurrahman. Dalam mimpiku itu aku mendapati seluruh tubuhnya diselimuti oleh cahaya, dan di setiap sendi tubuhnya tertulis dengan cahaya, surah Al-Ikhlas dan kalimat tauhid: Laa Ilaaha Illallah Muhammadar Rasulullah. Kemudian sosok bercahaya tersebut berkata kepadaku, “Jika engkau telah mencapai derajat seperti ini maka bolehlah engkau mengatakan dirimu lebih ataupun sama dengan saudaramu Abdurrahman.” Maka semenjak itu aku pun memandang saudaraku Abdurrahman lebih tinggi derajatnya daripada diriku.’”
Para Wali Al-‘Arifin dan para ulama Al-Muhaqiqin menjuluki beliau dengan As-Segaff. Untuk menutupi keagungan hal beliau atas ahli zaman di kala itu sebagai kata isyarat yang makna seutuhnya hanya dimengerti oleh kaum Khawas dikarenakan beliau sendiri sangatlah membenci kemasyhuran. Dengan segala kemuliaan yang telah Allah berikan kepada beliau, telah membuat dirinya tersohor kesegala penjuru negeri. As-Segaff yang dalam arti lughoh adalah bermakna “di atas” adalah mengandung pengertian kedudukan beliau adalah “di atas” seluruh para wali pada zaman itu secara keseluruhan tanpa terkecuali. Hal ini menyatakan bahwa maqom beliau adalah Qutb Al-Ghauts. Dan lazimnya setiap wali yang bermaqom seperti itu dalam perumpamaannya adalah bagaikan atap rumah yang menaungi para penghuni rumah, dalam hal ini rumah yang dimaksud adalah “wilayah” dan konteks yang dimaksud adalah apa yang disebut oleh kaum Sufi dengan “Tashrif Dairatul wilayah.” Atau semacam kedudukan rantai komando tapi dalam dunia kewalian. Pernah diriwayatkan oleh beberapa murid dari Al-Imam As-Segaff, sekali waktu para Wali di suatu daerah menyerahkan “tashrif wilayah” mereka kepada beliau, dengan membaiat beliau sebagai pemimpin mereka, kejadian ini mengisyaratkan bahwa para wali tadi menyerahkan kepemimpinan kewalian mereka kepada Al-Imam As-Segaff, dalam seluruh perkara kewalian pada saat seperti ini Al-Imam As-Segaff berlaku sebagai Ghust Al-Wali bagi mereka, kedudukan tinggi yang tidak bisa dianggap main-main, mengingat “Ghaust” lazimnya berlaku bagi kaum Awam, bisa dibayangkan bagaimana Ghaust bagi para Wali?.
Muhammad bin Hasan bin Abu Bakar berkata, “Ketika aku sedang tidur, aku mendengar suara dalam mimpiku yang berkata,
اَلْجَوَاهِر مُحَمَّد بْن عَلِى وَوَلَدِهِ عَلْوِى وَوَلَدِهِ عَلِى وَوَلَدِهِ
مُحَمَّد فَقُلْتُ :وَعَبْدُ الرَّحْمَن اَلسَّقَافْ؟ فَقَالَ:جَوْهَرَةُ الْجَوَاهِرْ
Permata-permata adalah Sayyidina Al-Faqih Al-Muqaddam Muhammad bin Ali dan anak beliau Sayyidina Alwi Al-Ghuyur dan anak beliau Ali dan anak beliau Muhammad bin Ali Maula Ad-Dawiylaih. Kemudian aku bertanya, ‘Lalu bagaimana dengan Abdurrahman As-Segaff’ dan suara itu menjawab, ‘Ia adalah permata dari segala permata.’”

Majlis beliau
Sayyidina Al-Imam As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff mempunyai majlis yang masyhur dan selalu dihadiri para Wali dan para Rijal Al-Ghaib dari segala penjuru dunia.
Ada satu riwayat yang bercerita bahwa beliau sekali waktu pernah didatangi seorang lelaki asing di tengah Majlis beliau yang tiba-tiba berkata kepada beliau :
لمِاَتَتَكَلَّمُ عَلَى النَّاس ؟
“Kenapa engkau membuka rahasia hakekat kepada khalayak ramai?”

kemudian dijawab oleh beliau,
اَنْعِى إِلَيْكَ قُلُوْبًا طَالَ مَاهَطَلَتْ
سَحَائِبَ الْوَحْيُ فِيْهَا أَبْحُرِ الْحِكَم
Lalu bertanya murid beliau yang bernama Al-Imam Al-Wali Abu Bakar bin Alwi As-Syaibah, ”Bagaimanakah ciri laki-laki tersebut?”. Al-Imam As-Segaff lalu memberikan ciri laki-laki yang berbicara kepada beliau itu yang kemudian dijawab kembali oleh Al-Imam Abu Bakar Asy-Syaibah, “Hazihi shifatul ghozali yujizuka bitakallamu `alan naas.” (Ini adalah Al-Imam Al-Ghozali dan banyak yang telah menyaksikan bahwa yang belajar pada beliau adalah para ahli al-kasyaf yaitu para Wali Allah dan Arrijalul Ghoib.)
Al-Arif Billah Muhammad bin Ali Azzubaidi meriwayatkan: “Aku telah menyaksikan sendiri bahwa As-Syĕkh Abdul Qodir Al-Jaelani telah membaca Al-Miatain di hadapan Sayyidina As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff. Dan aku telah menyaksikan sendiri Al-Imam Al-Ghozali membaca kitabnya yang terkenal yaitu kitab Al-Ihya di depan Sayyidina Al-Imam As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff.”

Al-Imam As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff, pada awalnya kurang menyukai majlis Sima`. Kemudian karena selalu menghadiri majlis Sima` maka akhirnya beliau mencintai majlis tersebut.
Sayyidina As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff Ra, bila tengah mendapatkan waridat, maka akan terlihatlah hāl beliau yang luar biasa di tengah khalayak ramai, sehingga terlihatlah dengan jelas kemuliaan beliau di sisi Allah SWT, terkadang para hadirin yang kala itu mendengarkan perkataan beliau pun, juga akan mendapatkan haibah yang agung karena mendengarkan perkataan beliau.
Sekali waktu, tatkala seorang saudara beliau yang bernama As-Syĕkh Ali meninggal dunia, Sayyidina Al-Imam As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff merasakan kesedihan yang mendalam hingga beliau meninggalkan majlis sima` ini sampai beberapa waktu. Kemudian ketika beliau kembali mengadakan majlis sima`, beliau berkata mengenai hal itu, “Kami menginginkan meninggalkan hal tersebut, tetapi sima` tidak meninggalkan kami.”

Hadhrah As-Segaff
Dalam setiap kesempatan di Majlis beliau, setelah sholat Isya pada setiap malam Kamis dan Senin, biasanya dibacakan beberapa Nasyid kaum sufi yang diiringi dengan beberapa alat musik seperti rebana dan seruling. Hal ini kemudian dilanjutkan oleh Sayyidina As-Syĕkh Al-Kabir Ahmad bin Husein Al-‘Aidrus dengan mengajak beberapa ahli pembaca Nasyid dari Mesir dan ‘Iraf . Dan ritual atau kebiasaan ini masih berlangsung hingga sekarang terhitung sudah berjalan selama lebih kurang 600 tahun.



Alat musik seruling peninggalan dari zaman Sayyidina Al-Imam
As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff Ra yang masih digunakan sampai sekarang.



Pembacaan Hadhrah di Masjid
As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff R.a

Perkataaan para Wali Allah mengenai beliau
As-Syaikhah Al-‘Arifah As-Sayyidah Sulthanah binti Ali Az-Zubaidy R.Anha mengisahkan :
“Bilamana As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff hendak datang ke tempat kami maka aku akan melihat, sesaat sebelum kedatangan beliau, tempat kami dan sekitarnya ditumbuhi oleh rumput yang menghijau seolah-olah tanaman tersebut tumbuh di tempat subur yang banyak airnya, kemudian setelah itu aku mendengar suara:
“Telah datang kepada kalian seorang sulthan
anak dari seorang sulthan.”

Tubuh dari Sayyidina Al-Imam As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff selalu mengeluarkan aroma yang sangat harum walau tanpa diberi wewangian, maka bilamana beliau masuk ke satu rumah, maka orang pun akan tahu bahwa rumah tersebut pernah disinggahi oleh Sayyidina Imam As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff karena bau wangi yang masih melekat pada rumah tersebut. Begitu juga bila beliau berjalan, maka orang-orang pun akan tahu bahwa jalan tersebut pernah dilalui oleh Sayyidina Al-Imam As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff, karena masih terciumnya aroma wangi dari Sayyidina Al-Imam As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff.
Mengisyaratkan hal ini, murid beliau yaitu As-Syĕkh Abdurrahman Al-Khotib berkata di dalam syi`irnya :
إِذَاخَلَوْابِأَرْضٍ عَـطَرُوْهَا وَفَاحَ بِـَهاالْعَنْبَـرُوَالْعَب


وَيَشْرُقُ سَوحِهَا بِالنُّوْرِطُرًّا وَيُصْبِحُ كُلُّ مُغَبَّـرِخَضِـيْرٍ
وَيَضْحَى لِلْوَرَى قَصْدًاوَذُخْرًا وَكُلُّ مِنْ مَنَافِعِهَايَـمِيْـُر
وَيُسْتَشْفَى بِـهَامِنْ كُلِّ سُقْمٍ وَيَمْحِى عَنْهُمُ الذَّنْبِ الْخَطِيْرُ
Lidah Al-Imam As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff tidak pernah putus di dalam zikrullah. Begitu juga hati beliau yang selalu mengingat Allah dalam siang maupun malam. Banyak murid-murid beliau yang mendengar suara zikir yang berasal dari hati beliau, terdengar hingga keluar oleh orang banyak. Dan semua ulama dan wali besar di zaman itu telah menyaksikan dengan mata kepala mereka sendiri, bahwa dari setiap sendi-sendi tubuh Al-Imam As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff hingga rambut dan kulit beliau, sering kali terdengar suara dalam berzikir kepada Allah SWT.


VI. Kisah-kisah kekeramatan Sayyidina Al-Imam As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff Ra
Mengenai kekeramatan Al-Imam As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff, seorang murid beliau yang bernama As-Syĕkh Abdurrahman bin Muhammad Al-Khotib telah banyak menceritakan di dalam kitab Al-Jauhar As-Syafaf sebanyak lebih kurang 100 hikayat mengenai kekeramatan dan ahwal beliau yang sangat luar biasa. Di dalam bukunya tersebut As-Syĕkh Abdurrahman Al-Khotib berkata :
“Bilamana beliau mendoakan seorang gadis maka gadis itu pun akan menikah, dan bilamana beliau mendoakan bagi perempuan yang mandul maka perempuan yang mandul itu pasti melahirkan seorang anak. Dan bilamana Sayyidina Al-Imam As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff mendoakan seorang yang miskin itu dengan kekayaan, maka si miskin tersebut pasti dikayakan oleh Allah SWT, dan bilamana As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff berdoa untuk orang yang bermaksiat agar bertaubat, maka mereka pun akan bertaubat dan bilamana As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff mendoakan seorang yang bodoh agar menjadi pintar maka orang itu akan dibukakan hatinya oleh Allah SWT untuk mendapatkan ilmu pengetahuan.”
Sebagian kecil dari kisah kekeramatan Sayyidina Al-Imam As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff R.a adalah sebagai berikut :
1. Sayyidina As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff ber- Tajazzu
Al-Imam As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff, seringkali terlihat di banyak tempat dalam satu waktu yang bersamaan. Selain itu pernah disaksikan oleh banyak orang bahwa beliau menghilang sekejap dari baju beliau namun kemudian dalam sekejap itu pula beliau kembali lagi, sebelum baju beliau sempat jatuh ke tanah.
Sekali waktu Sayyidina Al-Imam As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff berniat akan melakukan ibadah haji ke Masjidil Haram dan di dalam niatnya beliau bertekad untuk tinggal di sana selama-lamanya, semata-mata hanya untuk beribadat dan bertasbih memuji Allah SWT, dan tidak akan pulang lagi ke Hadhramaut. Tetapi di tengah perjalanan menuju ke Masjidil Haram, beliau bertemu dengan Rasulullah SAW bersama para sahabat dan beberapa Wali, termasuk di dalamnya adalah ayahanda beliau yaitu Sayyidina As-Syĕkh Muhammad Maula Ad-Dawilaih. Mereka semua meminta kepada Sayyidina Al-Imam As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff agar mengurungkan niat beliau tersebut dan pulang ke Hadhramaut. Mereka berkata: “Sesungguhnya maqommu lebih bermanfaat di Hadhramaut.”
Maka beliau pun pulang tanpa pernah melakukan ibadah haji. Tetapi anehnya, banyak orang yang melihat beliau berada di Mekkah setiap tahunnya menunaikan ibadah haji. Sehingga banyak orang yang merasa bingung dan bertanya kepada beliau, “Apakah anda telah melakukan haji?”, dan beliau menjawab, “Kalau dalam keadaan zhohir tidak pernah.”
2. Makanan yang tidak diketahui asalnya
Berkata murid beliau Sayyidina Al-Wali Muhammad bin Hasan Jamalullail: “Suatu ketika aku sedang berada di masjid Jami’ As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff, dan pada waktu itu aku dalam keadaan lapar. Beliau sendiri terlihat sedang duduk di tengah-tengah masjid, kemudian beliau memanggilku dan tiba-tiba di samping beliau terdapat makanan yang lezat yang membuatku terheran-heran, lalu aku bertanya kepada beliau, ‘Siapakah yang mengantarkan makanan ini?’ dan beliau menjawab, ‘Pelayan perempuan.’ Padahal tidak ada satu orang pun yang kulihat memasuki masjid, hingga aku memperhatikan sekeliling masjid sekali lagi, tapi memang tidak ada satu orang pun yang kulihat.”
Kejadian ini mengingatkan kita seperti kejadian Siti Maryam ketika mendapatkan buah-buahan di Mihrabnya dan membingungkan Nabi Zakaria AS yang melihatnya. Kejadian ini adalah pembuktian benarnya sabda Baginda Rasul Allah SAW yang menjelaskan kemuliaan umatnya; bahwa Ulama umat Nabi Muhammad SAW menyamai derajat para Nabi Bani Israil .
ِـيْرَ

0 komentar: